God of War: Ascension adalah salah satu game action-adventure ikonik yang dirilis pada 12 Maret 2013 untuk PlayStation 3. Game ini dikembangkan oleh Santa Monica Studio dan merupakan bagian dari franchise God of War. Sebagai prekuel dari seri sebelumnya, God of War: Ascension mengisahkan perjalanan Kratos sebelum ia menjadi dewa perang yang dikenal oleh para penggemar.
Plot: Awal dari Dendam Kratos
Cerita dalam Ascension berfokus pada masa lalu Kratos, ketika ia masih menjadi pelayan Ares, dewa perang. Setelah ditipu untuk membunuh keluarganya sendiri, Kratos terjebak dalam perjanjian darah dengan Ares. Dalam game ini, Kratos berusaha melepaskan diri dari pengaruh Ares dan melawan para Furies, makhluk mitologis yang bertugas menghukum mereka yang melanggar sumpah kepada para dewa.
Game ini menawarkan sisi emosional yang lebih dalam dari Kratos. Alih-alih hanya memamerkan amarah dan kekuatannya, Ascension mengeksplorasi sisi kemanusiaan Kratos—penyesalan, kesedihan, dan perjuangan untuk menebus kesalahannya.
Gameplay: Inovasi dan Tantangan Baru
Seperti game-game God of War sebelumnya, Ascension menawarkan gameplay yang penuh aksi dengan sistem pertarungan brutal. Pemain menggunakan Blades of Chaos, senjata ikonik Kratos, untuk melawan musuh-musuh mitologis. Selain itu, game ini memperkenalkan beberapa elemen baru, seperti:
- Mekanisme Pertarungan Baru: Sistem combo lebih fleksibel, memungkinkan pemain untuk menggabungkan berbagai jenis serangan dengan lebih kreatif.
- Elemen Puzzle: Teka-teki dalam Ascension lebih kompleks dibandingkan seri sebelumnya, menantang pemain untuk menggunakan strategi dan ketangkasan.
- Multiplayer Mode: Untuk pertama kalinya dalam sejarah seri God of War, Ascension menghadirkan mode multiplayer. Pemain dapat memilih untuk berpihak pada salah satu dewa (Zeus, Hades, Ares, atau Poseidon) dan bertarung melawan pemain lain dalam berbagai mode.
Visual dan Desain Dunia
Santa Monica Studio memanfaatkan potensi penuh PlayStation 3 untuk menciptakan visual yang memukau. Dunia mitologis Yunani yang gelap dan megah diperlihatkan dengan detail luar biasa, mulai dari desain karakter hingga lingkungan. Efek cahaya, bayangan, dan animasi pertarungan memberikan pengalaman sinematik yang mendalam.
Penerimaan dan Kritik
God of War: Ascension mendapat ulasan positif untuk aspek visual, desain dunia, dan gameplay-nya. Namun, beberapa kritik diarahkan pada cerita yang dianggap tidak sekuat seri sebelumnya, terutama karena fokusnya pada prekuel yang kurang berdampak pada narasi utama. Meski begitu, mode multiplayer dianggap sebagai tambahan menarik yang memberikan variasi baru dalam gameplay.
Tolong untuk tidak meninggalkan link sampah didalam komentar, berkomentarlah dengan bijak dan relevan dengan isi artikel diatas.