Seri Burnout adalah salah satu balapan mobil paling ikonik yang dimulai di era PlayStation 2. Game ini dikenal karena gameplay arcade cepat, tabrakan spektakuler, dan mode penghancuran yang memacu adrenalin. Berikut adalah evolusi seri Burnout pada platform PS2:
1. Burnout (2001)
- Platform: PS2, GameCube, Xbox.
- Fokus: Game pertama ini memperkenalkan gameplay berbasis kecepatan tinggi dan risiko. Pemain didorong untuk mengambil risiko seperti near-misses dan drift untuk mengisi meteran boost.
- Highlight: Mode balapan biasa tanpa fitur penghancuran besar. Grafik dan fisikanya mendukung sensasi kecepatan.
2. Burnout 2: Point of Impact (2002)
- Platform: PS2, GameCube, Xbox.
- Peningkatan:
- Memperkenalkan mode Crash, di mana pemain mencetak poin dengan membuat tabrakan besar-besaran.
- Sistem boost yang lebih baik dan lebih mudah digunakan.
- Highlight: Penambahan mode balapan eliminasi dan trek lebih kompleks.
3. Burnout 3: Takedown (2004)
- Platform: PS2, Xbox.
- Revolusi Seri: Burnout 3 menambahkan Takedown Mechanic, di mana pemain bisa mengeliminasi lawan dengan menabrakkan mobil mereka ke objek atau dinding.
- Fitur Baru:
- Multiplayer online.
- Mode Road Rage, fokus pada mencetak poin dengan melakukan takedown sebanyak mungkin.
- Highlight: Salah satu game dengan ulasan terbaik di seri Burnout, berkat aksi balapan yang agresif dan intens.
4. Burnout Revenge (2005)
- Platform: PS2, Xbox.
- Fokus: Tabrakan menjadi lebih dominan dengan fitur Traffic Checking, memungkinkan pemain untuk menggunakan mobil kecil sebagai senjata untuk menyerang lawan.
- Highlight:
- Mode Crash diperluas dengan lebih banyak skenario penghancuran.
- Lebih banyak elemen balapan vertikal dengan lompatan besar.
5. Burnout Dominator (2007)
Platform: PS2, PSP.
Kembali ke Akar: Dominator fokus pada balapan murni dengan boost chaining (menggunakan boost secara berkelanjutan tanpa henti).
Highlight: Tidak ada mode Crash, tetapi menambahkan fitur baru seperti Burnout Chains.
Ciri Khas Evolusi Burnout di PS2
- Dari Balapan ke Penghancuran: Evolusi terbesar terlihat dari perubahan fokus game, dari balapan konvensional di Burnout pertama hingga penghancuran besar-besaran di Burnout Revenge.
- Takedown dan Crash Mode: Elemen ini menjadi ciri khas utama Burnout dan membedakannya dari game balap lain.
- Kecepatan dan Risiko: Setiap iterasi mendorong gameplay yang lebih cepat dan menantang pemain untuk mengambil risiko lebih besar.
Burnout 3: Takedown dan Burnout Revenge dianggap sebagai puncak dari seri ini di era PS2, dengan gameplay adiktif dan grafis memukau untuk zamannya. Seri ini terus menjadi inspirasi bagi game balap arcade hingga saat ini.
Tolong untuk tidak meninggalkan link sampah didalam komentar, berkomentarlah dengan bijak dan relevan dengan isi artikel diatas.